Sunday, June 21, 2009

Amankah Perangkat Lunak kita terhadap Sinar X Bandara?

Mas… HP dan Laptop sampeyan, masukkan saja ke X-Ray!!”  

Begitu kira-kira yang dikatakan oleh security di airport ketika kita akan melakukan check-in atau selepas mendapatkan boarding-pass. Lantas kita deg-degan, semoga data di dalam laptop aman atau semoga HP kita tidak hang!. 

Dulu, sering saya lihat, oom atau bapak2 yang lewat metal detektor, melepaskan hpnya dan diletakkan di nampan plastik dan dilewatkan diluar sensor. Katanya supaya tidak rusak. Gak tau siapa yang mulai, tapi itu diikuti hampir semua orang tak terkecuali diriku

Sampai awal Mei 2007 lalu saya masih merasakan hal itu. Cerita, ajaran atau mitos yang saya dengar tentang dunia digital, (laptop, CD, floppy, UFD, dsb) mengatakan bahwa kalau perangkat digital kita dimasukkan ke dalam mesin x-ray akan mengalami kerusakan., baik data hilang sampai laptop gak bisa digunakan. Sebenarnya anggapan ini tidak perlu. Tidak saja hal ini aman, tetapi justru ini yang sebenarnya harus dilakukan daripada kita lewatkan melalu Metal-detector (gapura kecil yang akan bunyi tiit..tiit.. jika ada benda logam lewat di dalamnya) di bandara.

Benarkah bahwa memasukkan laptop ke dalam alat sensor X-Ray tidak merusak laptop kita?

Setelah saya search ke google, saya mendapat artikel yang menarik tentang hal ini di PC Guide. Disitu memang disebutkan bahwa x-ray adalah salah satu bentuk energi elektro-magnetik. Mungkin karena namanya mengandung kata magnet, sehingga sedikit merisaukan ketenangan orang yang bepergian dengan pesawat dengan membawa notebook.

Pada intinya, X-Ray tidak bersifat magnetik dan secara teori tidak membentuk medan magnet. X-Ray merupakan salah satu bentuk dari energi elektro-magnetic yang didalam kehidupan sehari-hari sering kita temui dan banyak manfaatnya. Salah satunya adalah sinar. Sinar, InfraRed, Radio, merupakan beberapa bentuk dari elektro-magnet. Energi yang dipancarkan bukanlah magnetik, melainkan panas. Disebutkan, kalaupun elektro-magnet ini menyebabkan kerusakan bukanlah karena terbentuknya suatu medan magnet, melainkan karena terlalu lama sehingga mengalami kepanasan. Contohnya, jika laptop kita dijemur di sinar matahari, akan rusak juga jika terlalu lama kepanasan, tetapi bukan karena sinar matahari mengandung magnet. Lagian jika kita menjemur laptop kita di luar, belum sempat rusak sudah amblas dicuri orang.

Satu lagi catatan yang perlu diketahui, bahwa CD atau DVD, bukanlah media yang terbuat dari magnet seperti halnya floppy disk, melainkan terdiri dari lobang2 seukuran micron/nano yang dibentuk oleh laser dari optical drive. Sehingga ini benar-benar aman jika harus masuk ke sensor X-Ray. Bahkan, jika anda memiliki magnet atau listrik dan diletakkan di dekat CD pun juga tidak akan mengakibatkan CD tersebut rusak.

Karena kesalahan paradigma diatas, kecenderungan orang adalah menghindarkan CD data, flashdisk, maupun laptop dari X-Ray tetapi justru melewatkan ke dalam metal-detector…. ini salah besar.
Metal detector bekerja dengan cara membelokkan medan magnet untuk menangkap sinyal suatu logam. Sehingga metal detector bersifat mengeluarkan medan magnet. Dan jika kita sedang sial, justru bisa mengakibatkan kerusakan perangkat kita atau kehilangan data dalam disket.

Sebenarnya, dengan melewatkan perangkat digital kita ke X-ray, itu adalah langkah yang paling aman dibandingkan kalau kita jinjing melewati metal detector.

Hati-hati!! perkecualian untuk film kamera foto. Film merupakan membran ‘photosensitive’ yang peka terhadap sinar. 
Jadi mungkin saja mengalami cacat ketika melewati x-ray.

Kesimpulannya, jika anda hendak naik pesawat:
1. Lewatkan Laptop dan media data anda di Xray detector
2. Masukkan HP ke XRay detector
3. Jangan membawa barang-barang logam dan mudah meledak
4. Jangan membawa barang-barang berbau tajam (durian, kepiting, dll)
5. Jangan membawa barang milik isteri (bayam, kacang panjang, cabe, dsb)
6. Jangan membawa barang berat (kasur, kulkas, dsb)

source: Pc Guide, About.Com 


SOEPARTO
SOEPARTO

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

7 comments:

  1. PERTAMAX GAN!!
    nice post!

    ReplyDelete
  2. nice post..
    Memang sinar-x tidak akan merusak laptop dan barang sejenisnya,, aman..
    Saya mau menegaskan n nambah dikit, hehe..
    Seperti yang anda tulis, untuk benda sejenis film, semisal film untuk kamera konvensional,dsb yang belum diproses menjadi film negatif (misal masih baru, ataupun baru habis dipakai foto) bisa mengalami (bahkan bisa dipastikan)penghitaman karena terpapar sinar-x, karena sinar-x memang bersifat dapat menembus bahan dan menghitamkan emulsi film..
    sekian dulu komentar dari saya.. :)

    ReplyDelete
  3. hp saya yang saya masukkan di tas ransel dan kemudian tas ransel saya masukkan ke xray detector di bandara, sekeluarnya dari detector garis2 layarnya, trus malah blank screen 2 hari kemudian

    ReplyDelete
  4. handphone saya yang saya masukkan dalam ransel melewati xray detector sekeluarnya malah garis2 layarnya, 2hari kemudian blank screen :(

    ReplyDelete
  5. hp saya yang saya masukkan di tas ransel dan kemudian tas ransel saya masukkan ke xray detector di bandara, sekeluarnya dari detector garis2 layarnya, trus malah blank screen 2 hari kemudian

    ReplyDelete
  6. Haaah..jadi legaa.. Terima kasiih

    ReplyDelete